Kamis, 08 Maret 2012

Apa TrustedInstaller.exe di Windows 7 Itu?

Ketika anda membuka tast manager di Windows 7, anda mungkin akan menemui sebuah proses yang berjalan bernama TustedInstaller. Apakah itu? Dan kenapa, kadang proses TrustedInstaller memakan banyak resource procesor dan memory yang tentunya membuat Windows 7 berjalan lebih lambat? Bagaimana cara menonaktikfan proses tersebut?
Apa TrustedInstaller.exe di Windows 7 Itu? Image
Beikut ini akan berikan sedikit penjelasan mengenai hal tersebut:
Apakah TrustedInstaller.exe itu?
TrustedInstaller adalah salah satu service bawaan yang sudah ada sejak zaman Windows Vista yang juga disertakan ke dalam Windows 7. Fungsi utamanya adalah untuk mengaktifkan dan menjembatani proses install, uninstall, memodifikasi file windows updates agar sinkrom dengan versi sebelumnya dan beberapa pengaturan komponen Windows 7.
File TrustedInstaller.exe terletak di folder C:\Windows\Servicing. Normalnya, file ini akan dijalankan ketika Windows 7 baru berjalan (Startup Windows).
Apa TrustedInstaller.exe di Windows 7 Itu? Image
Pada saat tertentu, mungkin Windows 7 akan mengeluarkan pesan yang menandakan kalau file TrustedInstaller mengalami “corrupt” yang menyebabkan Windows 7 berjalan tidak normal. Untuk mengatasinya anda mungkin akan membutuhkan yang namanya System File Checker untuk membuat windows kembali berjalan normal. Jika itu belum bisa membuat Windows 7 normal kembali, mungkin tidak ada jalan lain kecuali melakukan “Repair Windows 7″ (Untuk yang ini pertimbangkan secara matang dahulu sebelum melakukannya).
Mengapa TrustedInstaller.exe terkadang membutuhkan resource yang besar untuk berjalan?
Pada saat tertentu, khususnya ketika proses download file update secara otomatis, file ini membutuhkan resource yang besar agar proses update berjalan lancar dan tidak ada file update yang corrupt. Setelah itu, secara otomatis juga, file ini akan memerintahkan system secara keseluruhan untuk mensinkronkan file system yang lama dan file system yang baru saja di updates. Tidak usah ridau dengan hal ini karena hal ini merupakan hal yang wajar.
Bolehkah saya menonaktifkan TrustedInstaller?
Tidak ada masalah untuk menonaktifkan file ini dengan catatan proses update file Windows dipastikan akan gagal karena file ini merupakan sumber daya dari sytem Windows 7. Jika anda tetap ingin menonaktifkannya, ikuti petunjuk berikut ini:
  • Klick tombol Start, kemudian pilih Run.
  • Ketikkan msconfig kemudain tekan tombol Enter.
  • Jika jendela System Configuration terbuka, pilih tab Services.
  • Arahkan mouse ke bagian bawah kemudian hilangkan check box pada bagian Windows Installer.
    Apa TrustedInstaller.exe di Windows 7 Itu? Image
  • Klik tombol OK untuk mengakhiri.
  • Selajutnya, buka kembali jendela System Configuration, pergi ke tab Services dan ubah tipe pilihan Startup dari Windows Module Installer ke Manual.
  • Klik tombol OK sekali lagi dan kelar dari jendela tersebut.
Selesai sudah, dengan ini TrustedInstaller tidak akan diload lagi ketika Windows pertama kali berjalan. Jika ingin melihat perubahannya, silahkan restar komputer/notebook anda. Yang perlu diingat, seperti yang sudah dijelaskan seelumnya, proses ini akan menonaktifkan System Update dari Windows 7.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar